Senin, 04 Februari 2008

pembuatan aneka olahan limbah

sukseskan hasil limbah olahan pertanian 12 adventage
PEMBUATAN MANISAN KULIT SEMANGKA
Tinjauan Pustaka
Jika daging buah semangka diambil secara hati-hati, kita bisa mendapatkan kulit semangka berbentuk bulat hampir utuh. Nah, kulit semangka ini bisa kita manfaatkan sebagai wadah saji untuk punch, fruit cocktail, salad, atau sebagai wadah saji untuk potongan buah segar. Tepian kulit semangka bisa diberi hiasan sederhana atau hiasan ukirancantik.Apa yang bisa dilakukan dengan potongan-potongan kulit semangka sisa kupasan?Kupas lapisan kulit luar yang keras (berwarna hijau).
Selanjutnya, kulit semangka berwarna putih ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk campuran fruit cocktail, dibuat kalua (sejenis setup manis dengan banyak air), acar, bahkan dimasak sayur bening, tumis, sambal goreng santan, atau lainnya. Untuk itu, potong-potong kulit semangka Sebagai minuman berkhasiat obat, kulit semangka yang telah dibersihkan bagian luarnya tersebut bisa diblender, tambahkan aqua atau air masak secukupnya. Minum 2-3 kali sehari. Berkhasiat melancarkan buang air kecil Dan yang tidak kalah pentingnya kulit semangka ini dapat dibuat sebagai manisan, tentunya banyak disukai dan diminati karena dari kulit semangka yang dibuat manisan mempunyai suatu citarasa yang khas dan aroma semangka yang Alat dan bahan

Alat :
-0 Kompor/ tungku
-1 Pisau
-2 Telenan
-3 pH stik/ kertas lakmus
-4 Baskom/ nampan
-5 Gelas ukur
-6 Timbangan
-7 Panci
-8 Gayung/ Pengaduk
-9 Kertas Koran
Bahan :
-10 Kulit semangka
-11 Kapur
-12 Gula

Langkah Kerja
1. Pencucian pada kulit semangka, lalu lakukan pengupasan pada kulit semangka bagian luar sehingga terlihat hanya daging kulit semangka serta
2. Lakukan pembersihan pada daging buah yang memungkinkan masih menempel.
3. Lakukan pengirisan pada kulit semangka yang telah dibersihkan, sehingga terlihat irisan kecil dengan ketebalan 0,5 cm.
4. Perendaman air kapur selama 30 menit dengan kosentrasi 10 %.
5. Lakukan penirisan dan perendaman selama 1 malam, setelah itu lakukan perendaman air gula.
6. Penirisan Sumber: adanikid.blogspot.com
TEPUNG UBI JALAR
Dasar Teori
Dalam subsistem pengolahan hasil pertanian, sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan nilai tambah, mengembangkan usaha-usaha pengolahan hasil pertanian, mengurangi kehilangan pasca panen dan berkembangnya industri-industri penunjang pertanian (Hanani : 2003).
Ubi jalar merupakan komoditi pangan penting di Indonesia yang dapat diolah menjadi aneka makanan dan diusahakan penduduk mulai dari daerah dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman ini mampu beradaptasi di daerah yang kurang subur dan kering. Dengan demikian tanaman ini dapat diusahakan sepanjang tahun.
Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia dan Amerika bagian tengah. Ubi jalar mulai mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama Negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang dan Indonesia. Di beberapa daerah tertentu, ubi jalar merupakan salah satu komoditi bahan makanan pokok.
Ubi jalar dapat diolah menjadi berbagai bentuk atau berbagai macam produk olahan. Beberapa peluang penganeka-ragaman jenis penggunaan ubi jalar menjadi bahan olahan adalah :
1. Daun : sayuran, pakan ternak
2. Batang : bahan tanam, pakan ternak
3. Kulit ubi : pakan ternak
4. ubi segar : bahan makanan
5. Tepung : makanan
6. Pati : dermentasi, pakan ternak, asam sitrat Sumber: adanikid.blogspot.com
alat dan bahan
Alat
Ø Pisau dan telenan, Ember, Pengering, Penggiling
Bahan
Ubi jalar, Air
Cara Kerja
1. Pengupasan
2. Pencucian
3. Pengirisan
4. Penjemuran
5. Penggilingan
Hasil Pengamatan
Umbi dikupas, kemudian dicuci sampai bersih dan diiris, bentuk irisan ada yang bunder dan ada yang persegi. Ubi jalar yang sudah diiris ditaruh dalam tampah kenudian dijemur. Dalam pelaksanaan penjemuran ini, berhubungan cuaca yang sering hujan, maka penjemuran irisan ubi jalar mengalami hambatan dalam proses pengeringan dan terkena jamur, sehingga tidak layak untuk dijadikan tepung.
Pembahasan
Dalam pelaksanaan praktikum pembuatan tepung ubi jalar ini yang dilakukan oleh mahasiswa smester VII/A dinyatakan gagal untuk pembuatan tepung, sehubungan dalam proses pengeringan cuaca sering hujan sehingga lambat kering dan terkena jamur.
Kesimpulan
Dalam proses pengolahan hasil, faktor cuaca sangat menentukan dan membantu sekali dalam keberhasilan pengolahannya. Untuk mengatasinya perlu penggunaan ala-alat pengering, agar faktor alam tidak merupakan masalah dalam proses pengolahan. Sumber: adanikid.blogspot.com
PEMBUATAN PESTISIDA KULIT BIJI MENTE
Dasar Teori
Kulit mente glondong adalah merupakan bahan sisa dalam pengolahan biji mente. Namun demikian kulit biji mente glondong ini merupakan bahan yang potensial sebagai bahan baku pembuatan pestisida nabati. Kadar minyak dalam kulit mente gelondong cukup tinggi bervariasi antara 20-30 %, tergantung pada perlakuan-perlakuan yang telah diberikan pada proses pengolahan biji mente yang telah dikerjakan sebelumnya. Sehubungan dengan adanya perlakuan-perlakuan yang telah diberikan, maka kulit biji glondong sebagai bahan baku dapat dibedakan atas dua macam :
a. Kulit mente glondong yang masih segar, ialah kulit mente yang belum mendapatkan perlakuan-perlakuan apa-apa.
b. Kulit mente yang telah mendapatkan perlakuan pemanasan atau penggorengan, biasanya kulit mente jenis ini sudah berkurang kualitasnya.
Oleh karena itu kadar minyak yang dihasilkan baik kualitas maupun kuantitasnya tergantung adanya perlakuan-perlakuan yang telah diberikan. Sedah tentu untuk bahan baku kulit mente glondong yang masih segar akan memberikan hasil yang lebih baik dan lebih banyak dibandingkan dengan yang telah mendapatkan perlakuan penggorengan sebelumnya.Kulit mente banyak mengandung minyak, hal ini dapat dilihat apabila kulit mente tersebut dibakar, yang terjadi adalah bau yang menyengat serta asap mengepul hitam atau jika dibelah, maka luka bekas mata pisau akan keluar cairan pekat berwarna hitam baik yang keluar dari bekas mata pisau maupun yang menempel pada mata pisau. Apabila cairan yang keluar dai mente mengenai kulit dan tidak segera dicuci, maka akan menimbulkan iritasi. Cairan yang terkandung pada kulit mente inilah yang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan pestisida nabati.Luas areal perkebunan jambu mente (Anacardium occidentale L) di Indonesia seluas 560.813 Ha, dan tersebar di Propinsi Sulawesi Tenggara, Nuea Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Maluku, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah dan Yogyakarta (Helena :1979).Pemanfaatan kulit buah jambu mente di Indonesia masih sangat terbatas sekali, sehingga masih banyak buah jambu mente yang terbuang dan tidak dimanfaatkan. Hal demikian sudah tentu dari segi produksi tidak diinginkan.Melihat tingkat perkembangannya ini menunjukkan bahwa kulit buah jambu mente dalam pengolahannya mempunyai prospek yang cukup cerah untuk dimasa mendatang. Namun demikian masih diperlukan adanya penelitian-penelitian yang lebih intensif baik untuk pengembangannya maupun dari segi oprasionalnya. Sebab bagaimanapun juga bahwa dalam pengolahan jambu mente ini harus diusahakan secara rasional sedemikian rupa sehingga pemanfaatannya dapat berlangsung secara maksimal dan integral.
Alat dan Bahan
Alat
- Tungku dari tanah
- Kendi dari tanah
- Kawat kasa
- Gelas kaca
- Kipas angin
Bahan
- Kulit mente
- Arang aktif
- Minyak tanah Sumber: adanikid.blogspot.com
PEMBUATAN NATA DE COCO
Dasar Teori
Di Indonesia pemanfaatan air kelapa belum maksimal, banyak yang terbuang percuma. Namun akhir-akhir ini sudah ada upaya untuk mengolah air kelapa menjadi nata de coco. Lain halnya di Filipina yang sudah memanfaatkan air kelapanya untuk berbagai produk, seperti minuman ringan, jelly, ragi alkohol, dekstran, anggur, cuka, ethyl acetate dan lain-lain.
Nata berasal dari bahasa Spanyol yang berarti krim (cream). Jadi nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa. Krim ini dibentuk oleh mikroorganisme Acetobacter xylinum melalui proses fermentasi mikroorganisme ini membentuk gel pada permukaan larutan yang mengandung gula. Bakteri Acetobacter xylinum dapat tumbuh dan berkembang membentuk nata (krim) karena adanya kandungan air sebanyak 91,23 %, protein 0,29 %, lemak 0,15 %, karbohidrad 7,27 %, serta abu 1,06 % si dalam air kelapa. Selain itu terdapat juga nutrisi-nutrisi berupa sukrosa, dektrase, fructose dan vitamin B kompleks yang terdiri dari asam nikotinat 0,01 ug, asam patrotenat 0,52 ug, piotin 0,02 ug, riboflafin 0,01 ug, dan asam folat 0,003 ug, per ml. Nutrisi-nutrisi tersebut merangsang pertumbuhan Acetobacter xylinum untuk membentuk nata decoco.Pembentukan nata decoco terjadi karena proses pengambilan glukosa dari larutan gula dalam air kelapa oleh sel-sel Acetobacter xylinum. Kemudian glukosa tersebut digabungkan dengan asam lemak membentuk frekusor (penciri nata) pada membrane sel. Prokusor ini selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk ekskresi dan bersama enzim mempolimerisasi glukosa menjadi selulosa di luar sel.Nata decoco sebenarnya tidak mempunyai nilai gizi yang berarti bagi manusia, oleh sebab itu produk ini dapat dipakai sebagai sumber makanan rendah energi untuk keperluan diet. Nata decoco juga menjadi lebih enak jika dicampur dengan es krim, koktail buah dan sirup.
Alat dan Bahan
1. Alat:Kompor/tungku, pisau, telenan, pH stik, saringan, baskom, panci, pengaduk, botol steril, kertas koran
2. Bahan:Air kelapa 1.000 ml, gula pasir 100 gr, asam cuka (asetat glasial), starter bakteri Acetobacter xylinum 10 % (10 ml), (NH4) SO4 0,1 gr, Mg SO4 0,1 gr, tri polifosfat 2,5 gr.
Cara Kerja
3. Siapkan alat dan bahan
4. Air kelapa di saring, dicampur dengan gula dan mineral, kemudian dipanaskan sampai mendidih selama 10 menit.
5. Cairan didinginkan dan turunkan pHnya dengan menggunakan asetat glasial sampai phnya 4 – 4,5.
6. Kemudian simpan cairan cairan tersebut kedalam baskom lalu diberi starter Acetobacter xylinum sebanyak 10 % dari berat bahan dan ditutup dengan kertas koran.
7. Simpan selama 14 hari. Sumber: adanikid.blogspot.com
PEMBUATAN NATA DE SOYA DARI WHY TAHU
Dasar Teori
Sejak dahulu pabrik tahu terkenal debagai sumber pencemaran sungai dan bau busuk. Limbahnya sering sering menimbulkan protes penduduk, sedangkan sungai yang dibuangi limbah turun mutu airnya.Pada tahun 1990 ditemukan cara pemanfaatan limbah tahu itu menjadi nata de soya yang kalau dilakukan beramai-ramai secara nasional mengurangi limbah yang mengganggu lingkungan sekitar pabrik. Bentuk nata de soya yang dibuat dari limbah cair pabrik tahu. Disebut soya karena bahan baku tahu itu kedelai yang dahulu pernah disebut Glycine soya dan Glicine max.Kalau pengerajin tahu-tempe sudah kehabisan waktu dalam industrinya sendiri masing-masing, maka untuk usaha nata ini diperlukan barisan pengrajin baru. Itu berarti akan tercipta lapangan kerja baru untuk mengurangi pengangguran. Pengolahan limbah tahu menjadi nata melibatkan bakteri Acetobacter xyylinum, yang memakai protein dan karbohidrat dalam limbah itu sebagai sumber energi untuk hidup dan berkembang biak. Dalam prose situ dihasilkan nata berupa lapisan padat seperti agar-agar di dekat permukaan cairan pemeliharaan.
Alat dan Bahan
Alat:Kompor/tungku, pisau, telenan, pH stik, saringan, baskom, panci, pengaduk, botol steril, kertas koran
Bahan:Why tahu 1.000 ml, gula pasir 100 gr, asam cuka, (asetat glasial), starter bakteri Acetobacter xylinum 10 % (10 ml), gula pasir 80 gr, urea 5 gr dan 10 gr.
Cara Kerja
Siapkan alat dan bahan
Why tahu di saring, dicampur dengan gula dan mineral, kemudian dipanaskan sampai mendidih selama 10 menit.
Cairan didinginkan dan turunkan pHnya dengan menggunakan asetat glasial sampai phnya 4 – 4,5.
Kemudian simpan cairan cairan tersebut kedalam baskom lalu diberi starter Acetobacter xylinum sebanyak 10 % dari berat bahan dan ditutup dengan kertas koran.
Simpan selama 14 hari.
Sumber: adanikid.blogspot.com
PEMBUATAN BRIKET
Dasar Teori
Dengan keterbatasan sumber energi dibuktikan dengan adanya peningkatan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akhir-akhir ini, membuat sebagian orang berfikir untuk dapat beralih menggunakan energi-energi alternatif. Pemanfaatan energi alternatif sangat dianjurkan oleh pemerintah, agar ketersediaan energi utama seperti bahan bakar minyak masih dapat di perpanjang pemanfaatannya. Disamping dapat menghemat penggunaan energi bahan bakar utama, juga dapat menekan biaya investasi pada perusahaan-perusahaan yang menggunakan energi bahan bakar dalam prosrs produksinya.Nasih banyak disekitar kita ya dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk dijadikan sebagai sumber energi potensial. Peenghematan energi ini perlu dilakukanan karena keterbatasan sumber energi utama.Briket arang adalah produk hasil dari proses pemanpatan energi potensial yang dapat dihasilkan oleh bahan-bahan organik yang dipadatkan. Energi panas yang dihasilkan dan tersimpan dalam briket arang akan dikeluarkan apabila terjadi rangsangan panas dari bahan lain. Untuk itu dalam penggunaannya briket arang biasanya menggunakan anglo, untuk menghidupkannya harus dipancing terlebih dahulu dengan bahan lain yang mudah terbakar dalam proses penggunaannya.
Alat dan Bahan
Alat : tungku api, alat penumbuk, pisau/parang, alat pencetak briket.
Bahan : sekam, serbuk gergaji, bahan perekat (daun randu, daun durian, daun bunga sepatu, daun mangga dsb).
Cara Kerj
1. Siapkan alat dan bahan.
2. jerami dan sekam diproses hingga menjadi arang.
3. bahan arang tersebut kemudian ditumbuk bersama dengan bahan perekat sampai semua bahan tersebut tercampur dan menyatu. Jumlah bahan bakar sebanyak 87,5 % sedangkan sisanya merupakan bahan perekat.
4. adonan tersebut lalu dicetak dengan alat pencetak briket.
5. jemur atau keringkan bahan tersebut
6. setelah kering bahan tersebut (briket siap digunakan).
Sumber: adanikid.blogspot.com angj

Tidak ada komentar:

adani absolute

Lirik Lagu Indonesia Terbaru

jason mraz

Jason Mraz - Lucky Lyrics

jason mraz lyric

Do you hear me,
I'm talking to you
Across the water across the deep blue ocean
Under the open sky, oh my, baby I'm trying
Boy I hear you in my dreams
I feel your whisper across the sea
I keep you with me in my heart
You make it easier when life gets hard

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Ooohh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh

They don't know how long it takes
Waiting for a love like this
Every time we say goodbye
I wish we had one more kiss
I'll wait for you I promise you, I will

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Lucky we're in love every way
Lucky to have stayed where we have stayed
Lucky to be coming home someday

And so I'm sailing through the sea
To an island where we'll meet
You'll hear the music fill the air
I'll put a flower in your hair
Though the breezes through trees
Move so pretty you're all I see
As the world keeps spinning round
You hold me right here right now

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
I'm lucky we're in love every way
Lucky to have stayed where we have stayed
Lucky to be coming home someday

Ooohh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh
Ooooh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh

[ thanks to yaya_abrahman[at]yahoo.com for submit this lyric ]

powered by lirik lagu indonesia